Go Blog Facebook Follow me on Twitter yahoo

Pengaruh dukungan orangtua

in Cathegories :


           Allah telah mempercayakan pemeliharaan anak-anak kepada keluarga. Pada waktu anak dilahirkan, mereka seluruhnya bergantung pada pemeliharaan yang diberikan oleh orangtua mereka. Pada penciptaan, Allah merencanakan agar di antara orangtua dan anak ada ikatan yang kuat dan rohani. Melalui ikatan ini dan kasih sayang, seorang anak dapat bertumbuh dan berkembang dalam kasih, dan  lingkungan yang dapat dipercaya.
            Dengan berlalunya waktu,  sewaktu rasa kasih sayang kepada orang tua lebih mendalam,  kebutuhan ketergantungan anak bertambah, melampaui pemeliharaan secara fisik dan  asuhan. Kasih adalah kapasitas untuk memberi ketergantungan dasar ini sementara itu juga mengizinkan perkembangan  keterikatan yang kuat dan positif. Semua itu tergantung dari kemampuan orangtua untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan emosinya.
            Kebanyakan, ibulah yang memenuhi kebutuhan kasih dari anak sedangkan ayah memenuhi kebutuhan kebutuhan lainnya.  Suatu penyelidikan mengatakan bahwa seorang  ayah memiliki peran kunci di dalam kehidupan anak laki-lakinya. Tiga kualitas yang sangat menolong anak laki-laki yang mereka dapatkan dalam diri ayahnya ialah --------
  • Mengadakan waktu bagi mereka
  • Bersedia untuk berbicara mengenai permasalahan mereka
  • Menunjukkan minat dalam pekerjaan dan kegiatan mereka.

Orangtua diberi tanggungjawab bukan hanya untuk kebutuhan jasmani dan kebutuhan emosi saja, tetapi juga untuk meletakkan dasar  moral dan spiritual dalam diri mereka, dan untuk mengajarkan kebenaran Allah.  Orangtua memiliki tanggungjawab untuk menunjukkan kasih yang tanpa pamrih dan menilai cara-cara  yang menunjukkan hormat  dan rasa berharga.  Dengan demikian orangtua memberi fondasi kepada anak anak mereka untuk mengerti apa arti  mengalami kasih Kristus dan menjadi bagian keluarga Allah.  Kepercayaan dan  rasa aman yang perlu ditumbuhkan dan dikembangkan dalam anak  seperti yang dimaksudkan Allah  diambil dari keluarga yang sehat dan memberi asuhan.
Pengaruh dukungan orangtua dianggap sebagai faktor utama pemeliharaan semua anak, entah dalam situasi traumatis atau dalam kehidupan keluarga yang normal. Itu sebabnya, kita harus berhati-hati untuk memastikan bahwa usaha kita untuk menolong anak-anak yang mengalami trauma termasuk orangtua mereka, atau memberi  pendamping-pendamping yang signifikan.

0 komentar:

Posting Komentar