Go Blog Facebook Follow me on Twitter yahoo

Stabilitas Anak

in Cathegories :



Anak-anak merasa lebih aman dengan keadaan sehari-hari yang stabil dan tetap, mereka mendapatkan keamanan karena dapat menerka apa yang akan terjadi.

        Situasi traumatis sering  diakibatkan oleh situasi kehidupan yang kacau, dan tidak teratur. Anak-anak lebih merasa aman dengan keadaan sehari-hari yang hampir sama; mereka merasa aman dalam keadaan yang bisa diterka. Jika orang tua juga terlibat dalam trauma, seperti dalam peperangan,  keadaan ini lebih sulit untuk diatasi.  Bagaimanapun juga  [pembentukan kembali peristiwa              keseharian akan menambah keamanan perasaan anak-anak.  Waktu tidur yang teratur, waktu makan,  bermain,  bekerja, belajar, menguatkan perasaan aman dari dalam. Yaitu dengan memberi perasaan yang teratur yang menolong mereka menerka dunianya.
            Untuk kestabilan, seorang anak masih memerlukan perasaan diterima sebagai salah satu dalam keluarga, tak peduli apa yang telah dialaminya. Itu sebabnya, penting sekali untuk tidak mengeritik atau menghukum  apabila ia menunjukkan  tingkah laku yang agresif.  Melainkan kita harus mengasuh dengan keterikatan dan mengizinkan anak untuk merasa sedih atau takut, namun juga tunjukkan kepadanya bahwa Anda peduli dan bahwa kesedihan, luka hati, dan takut ini akan berubah.
            Doronglah anak-anak Anda untuk melakukan pengendalian dengan membuat keputusan tentang kegiatan mereka, makanan dan pakaian mereka.
            Menolong anak-anak agar tetap memiliki kepercayaan dalam  hubungan dengan orangtua atau pendamping mereka penting untuk perkembangan anak-anak.  Hubungan ini menghasilkan rasa aman yang memungkinkan mereka untuk mengatasi kekerasan dalam hidup mereka dan melakukan kembali apa bila kejadian yang sama terulang, tanpa kedukaan/sakit hati yang lama. Anak merasa dilindungi apabila mereka bersama orang dewasa yang mengizinkan mereka menyatakan perasaannya dan memberikan minat, penerimaan dan pernyataan yang bisa mengerti semua ini.  Anak-anak yang memiliki kesempatan untuk membicarakan perasaan mereka lebih mudah  mengatasi trauma mereka karena mereka merasa lebih aman, berharga, dihormati dan dikasihi.

0 komentar:

Posting Komentar